Contoh Business Plan Interior dan Eksterior Bangunan


BUSINESS PLAN 
”INTERIOR DAN EKSTERIOR 
BANGUNAN”
Nama Anggota:
Isaac Yusuf R. (15)
Pramudya Susanto (22)
Reynaldy Adhitya R. (25)






KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya kepada kita semua.Terima kasih kami sampaikan  kepada pada bapak atau ibu guru  dan semua pihak yang telah membantu menyusun tugas ini.
Dibutuhkan kerja sama untuk menyusun laporan ini. Kerja sama juga dibutuhkan dalam menentukan kelancaran suatu kegiatan. Oleh karena itu kami berusaha menggalang kerja sama dengan semua pihak untuk kelancran dan keberhasilan pembuatan laporan ini. Selain itu, kami juga mendapat beberapa kendala saat menyusun laporan ini. Tetapi kami terus berusaha untuk menghadapi saegala rintangan dan kendala yang ada.
Selain itu, kami juga mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang dapat kami jadikan koreksi dalam pembuatan tugas ini. Semoga tugas ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik mungkin sehingga akan menghasilkan hasil yang memuaskan. 











DAFTAR ISI 
Cover
Kata pengantar
Daftar isi
BAB 1:
Latar Belakang
Deskripsi Bisnis
Deskripsi Produk
Kemasan Produk
Inovasi Produk
Target pasar
A.Price(harga)
B.Place(Tempat Menjual)
1.7 Visi dan misi
1.8 Bidang Usaha

BAB 2:
2.1 Kompetitor Langsung
2.2 Kompetitor Subsidi

BAB 3:
Analisis Pasar
3.1 Profil Konsumen
3.2 Potensi dan Segmentasi Pasar
3.3 Promosi
3.4 Strategi pemasaran yang akan diterapkan


BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berawal dari diskusi kami serta adanya saran yang diberikan oleh orang tua kami. Kami memutuskan untuk memilih bisnis interior dan eksterior rumah sebagai judul dari business plan kami. Karena menurut pandangan kami, bisnis interior dan eksterior bangunan mempunyai prospek yang menjanjikan pada masa kini dan masa yang akan datang.

Deskripsi Bisnis
Bisnis yang kami rencanakan adalah membuat interior dan eksterior bangunan. Berdedikasi untuk terus meningkatkan produk dan jasa dalam rangka menyediakan pelanggan dengan solusi ideal untuk menargetkan diri menjadi perusahaan jasa yang profesional.

1.3 Deskripsi Produk
Produk yang kami tawarkan berupa interior dan eksterior bangunan,seperti mini bar,kitchen,dan bentuk eksterior bangunan yang menarik dan berkualitas tanpa mengurangi nilai fungsi dan seni. Selalu berinovasi dengan hal baru menjalin hubungan baik pada semua mitra usaha serta berprilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan dan berusaha memberikan hasil yang terbaik.


1.4 Kemasan Produk
-

1.5 Inovasi Produk
Inovasi produk kami adalah membuat interior dan eksterior rumah yang menarik dengan cara membuat motif yang berbeda dengan produk lainnya, ramah lingkungan, membuat sesuai dengan keinginan konsumen(ukuran & design), tanpa mengurangi nilai kegunaan dan luas ruangan yang di pakai.

Visi dan Misi
Visi:
Menghasilkan Produk dan Jasa yang berkualitas untuk kepuasan pelanggan serta menjalin relasi bisnis yang baik.
Misi: 
Menjadi perusahaan jasa interior terkemuka dan berkualitas dengan harga kompetitif serta memberi rasa kepercayaan kepada pelanggan.


Bidang usaha

Dengan sumber daya manusia yang tersusun rapi dan handal, kami memutuskan untuk bergerak di bidang jasa desain interior.Dengan strategi usaha yang kami jalankan saat ini kami berharap bisa menjadi perusahaan terbaik di bidang jasa desain khususnya interior.



BAB 2
ANALISIS PRODUK

2.1 Kompetitor langsung
Dalam bidang usaha ini, kompetitor langsung kami adalah perusahaan yang lebih dahulu ada, seperti yang kita ketahui bahwa di lombok ini telah banyak berkembang perusahaan-perusahaan properti, seperti Royal Properti dan lain-lain.

2.2 Kompetitor subtitusi
Dalam bidang usaha kami ini, kompetitor subtitusi kami adalah perusahaan-perusahaan yang sudah ada di luar lombok dan akan membuka usahanya di lombok, dan perusahaan-perusahaan yang akan muncul menjadi perusahaan properti/interior. Perusahaan-perusahaan tersebut tidak boleh diremehkan karena perusahaan yang lebih dahulu muncul, memiliki pengalaman dan pengetahuanyang lebih di bidangnya.











BAB 3
ANALISIS PASAR 
3.1 Profil konsumen
1. Perusahaan yang akan membuka toko, kantor,rumah makan,cafe,restauran,dll.
2. tempat hiburan.
3. hotel,rumah,homestay,villa,dll.
4. kontraktor.


3.2  Potensi dan segmentasi pasar
Sejalan dengan berkembangnya pertumbuhan properti seperti makin berkembangnya pembangunan perumahan sederhana, real estate, apartemen, rumah susun dan lain sebagainya menjadikan potensi pasar bisnis ini semakin menjanjikan. Terbukti, permintaan jasa dan layanan bisnis ini  semakin tinggi dan bisa mendatangkan omzet hingga ratusan juta bagi para pemainnya.
3.3 Promosi
Dalam mempromosikan produk/perusahaan, kami bekerja sama  dengan sejumlah rekan bisnis diantaranya: Lombok Post,Jawa Post, Rigansa Advertisement,    Transmedia,Metro Tv,TV one dan kami juga perlu promosi ke publik melalui sebuah brocchure. Tentu saja rekan bisnis perusahaan kami tidak akan selamanya tetap, melainkan berubah seiring dengan berjalannya bisnis perusahaan kami.

3.4 Strategi pemasaran yang akan diterapkan
Dalam bidang usaha ini, strategi yang kami harus memiliki modal yang cukup untuk usaha kami kedepannya.setelah modal tercukupi kami akan memperkenalkan produk kami kepada pasar. Produk yang kami kenalkan adalah produk eksterior dan interior bangunan yang berkualitas untuk kepuasan pelanggan serta menjalin relasi bisnis yang baik. Menjadikan perusahaan kami jasa interior terkemuka dan berkualitas dengan harga kompetitif serta memberi rasa kepercayaan kepada pelanggan.







ANALISIS SWOT

Strengths (kekuatan)

Dalam bidang usaha kami memiliki kelebihan antara lain, konsumen tidak susah untuk menempatkan barang pada posisinya agar menjadi bagus/ serasi. Sebelum kami membuat interior dan eksterior, kami menerima usul dan saran dari konsumen. Setelah menerima usul kami men-design agar konsumen dapat melihat seperti apa gambaran interior dan eksterior yang diinginkan.
Weaknesses (kelemahan)
Dalam bidang usaha ini, kami memiliki hambatan dibidang jasa(SDM) dan bahan. Dalam bidang jasa(SDM), tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang ini sangat sedikit. Bahan-bahan yang kami pelukan sangat sedikit keberadaannya di daerah lombok. 
Opportunities (Peluang)
Melihat peluang kami di pasar sangatlah besar mengapa?, semua itu dikarenakan permintaan pasar yang besar. Walaupun kami harus bersaing dengan sebuah perusahaan yang ternama,kami tetap optimis untuk bersaing. Itu semua bukanlah tanpa alasan, karena seiring berjalannya waktu. Costumer akan merasa bosan dengan desain interior dan eksterior perusahaan lain, disini kami mengambil kesempatan untuk selalu berinovasi dan memperkenalkan produk kami

Threats (Ancaman)
Banyaknya saingan bisnis dibidang ini.
Inovasi design baru mudah di tiru oleh perusahaan laindan mengakibatkan turunnya minat didesign terdahulu.


0 comments :

Post a Comment

Cancel Reply
IBX5A78EBC9D0160